Rabu, 17 April 2013



Mari nge COTO
Sesuai dengan namanya  “Coto Makaasar” adalah salah satu hidangan  khas Makassar yang tentunya berasal dari Makassar, (Sulawesi Selatan). Pada awal nginjak Makassar aq sempat gg bisa membedakan antara Coto dan Soto (hahaha maklum,,,,)
 
Tepat di hari minggu hari libur sedunia akhirnya berhasil juga membuat Coto Makassar , awalnya adalah ide dari salah satu teman dari medan yang ke pengen sekali tau resep coto , untung salah satu ibunda kami tau tentang masakan khas ini, akhirnya perencaan berhasil dan aku tentunya sangat mendukung sebab aku juga pengen banget tau resep dan rasanya apalagi ini gratissss tentunya bisa makan sepuasnya ^_^ hahahaha…..
Coto Makassar berbahan dasar daging sapi,dengan di tambahkan jeroan sapi, berupa paru, hati, usus, jantung, dan babat. Sementara bumbu kuahnya merupakan perpaduan sejumlah rempah-rempah dan gilingan kacang tanah yang sudah digoreng. Enak tidaknya hidangan ini memang sangat bergantung pada bumbu kuahnya.Tapiiiii buatan bunda ini sangat Enakkkkk,,,, aku nambah sampai 3x lho Sumpahhh….hehehe ^_^

Ramuan rempah-rempah yang terdiri dari 40 jenis rempah alias bumbu2 yaitu :
kacang tanah, kemiri, cengkeh, pala, serai yang ditumbuk halus, lengkuas, merica, bawang merah, bawang putih, jintan, ketumbar merah, ketumbar putih, jahe, laos, daun jeruk purut, daun salam, daun kunyit, daun bawang, daun seledri, lombok merah, lombok hijau, gula talla, asam, kayu manis, garam, pepaya muda untuk melembutkan daging, dan kapur untuk membersihkan jerohan. Duh banyak buangettt sampai kewalahan nyiapin n ngerjain hehehehe ….
Daging sapi sebagai bahan dasar


ketupat salah satu syarat pelengkap wajib coto ^__^
Coto Makassar tak lengkap tanpa yang namanya Ketupat (aq sampe nawarin pake lontong ajja karna gg tau kalo mang disini itu harus ketupat heheheh….) .

Coto disantap dengan ketupat atau burasa, dan dilengkapi dengan sambal taoco (terbuat dari kedelai yang di giling , uda dalam bentuk kemasan). Penggunaan taoco ini memperkuat dugaan kalau makanan ini dipengaruhi oleh makanan Cina yang sudah dikenal pada abad ke-16. Diduga juga kalau Coto Makassar sudah ada sejak Somba Opu, pusat Kerajaan Gowa, yang pernah berjaya pada tahun 1538. (Buka sedikit buku sejarah hehehe,,,)
  

Cara pembuatanya:
BAHAN:
500 gram daging sapi

500 gram babat, rebus matang
300 gram hati sapi, rebus matang
200 gram jantung sapi, rebus matang
5 batang serai memarkan
4 sm lengkuas memarkan
2 cm jahe memarkan
5 lembar daun salam
250 gram kacang tanah, goreng haluskan
2,5 liter air cuci beras/tajin
1 sdm bumbu kaldu bubuk rasa sapi
6 sdm minyak sayur
Haluskan :
10 siung bawang putih
8 butir kemiri sangrai
1 sdm ketumbar sangrai
1 sdt jintan sangrai
1 sdt garam dan 1 sdt merica butiran
Pelengkap : bawang goreng, irisan daun bawang dan irisan seledri, sambal taoco


Haluskan : 10 bawang merah, 5 siung bawang putih, 10 cabai keriting rebus sebentar, 100 gram taoco, tumis dengan 6 sdm minyak sayur hingga matang, haluskan tambahkan garam dan gula merah.
CARA MEMBUAT:
1. Rebus daging sapi, babat, hati dan jantung, beri serai, lengkuas, jahe dan salam setelah matang angkat, tiriskan, potong dadu. Jerohan sapi matang, potong dadu. Sisihkan.
2. Panaskan minyak, tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum, masukkan kedalam kaldu, tambahkan kacang tanah goreng, didihkan.
3. Penyajian, siapkan mangkuk, isi dengan daging dan jerohan beri kuahnya, taburi bawang goreng, irisan daun bawang dan seledri sajikan dengan buras dan sambal taoco.


kacang di haluskan



pemerasan santan kelapa
bundagi masak ,,uumm wangii,, ^__^

campuran bumbu di masak dgn santan
siap di angkat

uda halus belum bu,,,,

ahh,,sepertix belum masak yaa,,,, heheh
serius banget merhatiinx mas hehehe,,,

bumbu bumbu pelengkap

ya ini dia hidangan Coto yg siap di santapppp



daaahhh akhirnya siap di angkat juga cotonya


enakkkkk.......





pada doyaannnn ya,,,hehehe

ayo tambah terusssss

pada serius makan coto

semangkok coto q, terlalu pedasssss,,, haaa,,,,

Reactions:
Categories:

0 comments:

Posting Komentar

Warung blogger